Oleh : Ustadz HM Qasim Saguni

(Koran Sindo, Senin 31 Agustus 2009 Hal. 16 kolom Seputar Ramadan)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagaimana menunaikan salat yang khusyu perlu dipahami karena urgensinya penting agar salat yang kita dikerjakan khusyu:

Pertama, orang yang shalat khusyu itu menjadi ciri-ciri keimanan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Almukminun, sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang shalat mereka itu ditunaikan dengan khusyu.

Mungkin ada yang bertanya apa hakekat shalat yang khusyu itu? Dalam salah satu kitab dijelaskan bahwa makna khusyu dalam ayat itu adalah tegaknya hati kita di hadapan Rab dengan penuh ketundukan dan perasaan hina di hadapan Allah SWT. Karena itu instrumen yang paling utama dalam menegakkan shalat yang khusyu ini adalah hati kita.
Ada yang lain yaitu tentu pemahaman, tapi ini yang paling pertama. Seorang ulama pernah menegur seseorang yang pernah mencoba shalat dengan khusyu. Kedua bahunya diangkat dan kedua tangannya diletakkan sedemikian rupa, dia ditegur oleh ulama yang mengatakan bahwa khusyu itu bukan letaknya bahu atau pundak dan bukan letaknya tangan. Tapi khusyu itu letaknya di hati. Ini menunjukkan betapa pentingnya instrumen hati ini.

Kedua, shalat khusyu ini adalah puncak kenikmatan di dalam menjalankan ibadah salat. Ada pertanyaan, pernahkah kita merasakan kenikmatan dan kelezatan dalam shalat? Kalau pernah itu sudah mendapat indikasi kita sudah melakukan shalat yang khusyu. Tapi, kalau dalam salat barang-barang hilang semua teringat itu adalah salah satu indikasi kita tidak khusyu.
Bagaimana melakukan persiapan yang baik untuk salat. Kiat pertama adalah, bagaimana mempersiapkan prakondisi sebelum salat. Sebelum adzan kita sudah siap wudhu, kita sudah siapkan pakaian yang bersih, disunahkan untuk memakai harum-haruman, kita bergegas ke mesjid. Kiat kedua adalah bagaimana kita mengingat Allah pada waktu shalat.

Ketiga, bagaimana kita menghayati ayat-ayat Alquran. Ini yang penting karena salah satu unsur yang penting dalam salat adalah bacaan Alquran.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Transkrip ceramah “Oase Ramadhan” Radio Celebes 90.9 FM

Iklan