Seputar adab-adab yang di perlu perhatikan oleh seorang wanita ketika keluar rumah

1, Menggunakan hijab.

2, Tidak memakai parfum.

3, Merendahkan langkah kaki,agar sepatu tidak bersuara.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman :

وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنّ

“Janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan”. (QS An-nur 31)

Adapun musibah yang menimpa kita sekarang adalah “sepatu yang alasnya tinggi” kita dapati wanita yang memakai sepatu itu keluar suara dari langkahnya dan terkadang dia berlenggak-lenggok dalam berjalan, sungguh benar apa yang di katakan oleh Rasulullah Sholallahu alaihi wassallam :

المرأة عورة فاذا خرجت استشرفها الشيطان
“Wanita itu aurat apabila dia keluar maka syaiton akan mengikutinya.” (Al-Hadits)

Hadist ini di keluarkan oleh abu dawud dari shahabat ibnu mas’ud radiyallahu ‘anhu .

4, Jika dia berjalan dengan saudarinya atau temannya, tatkala melewati laki-laki hendaknya diam tidak mengeluarkan suara bukan maknya bahwa suara wanita adalah aurat,akan tetapi mendengarnya laki-laki suara wanita itu akan mengundang sebuah fitnah.

5, Apabila jarak tempuhnya itu sudah di kategorikan sebagai jarak safar, maka tidak boleh baginya untuk keluar kecuali dengan mahromnya, sebagaimana yang di katakan oleh Rasulullah Sholallahu alaihi wassallam dalam hadist yang di keluarkan oleh imam Bukhori dari hadist Ibnu Abas radiyallahu ‘anhuma

لا تسافرامرأة الا مع ذى محرم

“Tidak boleh bagi seorang wanita untuk safar (bepergian) kecuali dengan mahromnya” .(Al-Hadits)

Dalil ini dan juga yang semakna adalah umum, sama saja bepergian menggunakan pesawat atau pun yang lainnya, hendaknya perhatikanlah hal-hal yang seperti ini jika kamu menginginkan al-haq. Semoga Allah memberi taufiq kepadamu.

7, Tidak berdesak-desakan dengan laki-laki baik ketika melakukan thawaf ataupun sa’i, jika engaku mampu untuk berjalan tanpa berdesak-desakan maka lakukanlah.

8, Selalu menjaga rasa malu.

9, Menundukkan pandangan.

10, Tidak melepas bajunya di tempat orang lain, ini jika dia mempunyai maksud berhias dengan melepasnya , Nabi Sholallahu alaihi wassallam telah bersabda :

ايما امرأة وضعت ثيابها فى غير بيت زوجها هتكت ما بينها و بين الله

“Siapa saja dari kalangan wanita yang melepaskan bajunya di selain rumah suaminya maka dia telah membuka apa yang di sembunyikan antara dia dan Allah”. (Al-Hadits)

Hadistnya shohih dari hadist Aisyah radiyallahu ‘anha di musnad imam ahmad.

Di nukil dari kitab nasihati linnisa yang di karang oleh Umu abdillah Al Wadi’iyah bintu syeikh muqbil bin Hadi Al-Wadi’iy

Iklan